Unisnu Kirim Mahasiswa ke Brunei dan Thailand

0
13
Dua mahasiswi Unisnu Jepara yang akan belajar di Brunei dan Thailand.

nujepara.or.id – Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara terus meningkatkan kerjasamanya dengan Universitas luar negeri melalui program Student exchange.

Pada tahun akademik 2018/2019 ini, Unisnu kembali mengirim dua mahasiswanya untuk ngangsu ilmu ke luar negeri. Kedua mahasiswi tersebut adalah Mutiara Faradina (FTIK) ke Universiti Brunei Darussaalam dan Noor Laily Isnaini (FEB) yang akan bertandang ke Prince Songkla University Thailand.

Bertempat di Ruang Rektor, Kamis (18/7/2019), kedua mahasiswa yang mengikuti program Student Exchange diterima dan melakukan audiensi bersama Rektor Unisnu Jepara, H Sa’dullah Assa’idi.

Hadir juga dalam audiensi tersebut Murharsito, Kepala Kantor Urusan Internasional Unisnu Jepara yang menjadi Fasilitator dalam program student exchange setiap tahunnya.

Dalam audiensi, Rektor Unisnu Jepara berpesan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, baik persiapan akademik maupun persiapan untuk beradaptasi dalam lingkungan sosial dan budaya yang mungkin akan sedikit berbeda.

“Penting bagi mahasiswa untuk mengetahui lingkungan di sana sebelum berangkat, baik pengetahuan tentang akademik, maupun sosial dan budaya warga sekitar, sehingga mahasiswa bisa cepat beradaptasi,” ujarnya.

Selama di luar negeri lanjutnya juga usahakan untuk berpegang teguh pada akhlakul karimah, dan mampu menjadi duta yang baik, mengenalkan tradisi dan budaya Indonesia, khususnya Jepara.

Program Student Exchange ke Thailand merupakan kali kedua dilakukan oleh Unisnu dengan Prince Songkla University Thailand. Sedangkan ke Brunei Darussalam menjadi kali ketiga Unisnu bekerja sama dengan Universiti Brunei Darussalam.

“Program ini merupakan kesempatan yang baik bagi saya untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan, saya akan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Muttiara Faradina.

Dia juga menambahkan bahwa kesempatan ini juga bisa menjadi wadah untuk menambah relasi dan jaringan pertemanan yang sangat penting dalam dunia akademik.

Di Universiti Brunei Darussalam, Mutiara Faradina akan mengikuti kelas di fakultas Language Center Universiti Brunei Darussalam. Selama satu semester di sana, Mutiara yang biasa disapa Aya akan tinggal di Core Residental College Universiti Brunei Darussalam.

Sedangkan untuk Noor Laily Isnaini akan mengikuti kuliah selama satu semester di Fakultas Bachelor of Business Administrasion, Program Studi Management (English Program).

Ke depan, Unisnu Jepara juga sedang berencana untuk melakukan penjajakan kerjasa sama dengan universitas di Korea Selatan.

“Tanggal 15 Juli kemarin, ada penjajakan kerja sama dengan Gangneung Wonju National University, Korea. Hal lain yang direncanakan adalah pengiriman mahasiswa Unisnu untuk melakukan magang kerja industri di Korea Selatan,” pungkas Murharsito. (Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.