Tangkal Paham Radikal, IPNU-IPPNU Jepara Segera Bentuk Tim Cyber Pelajar NU

0
16
Pengurus bidang dakwah dan komunikasi PAC IPNU IPPNU se-Jepara membahas rencana pembentukan tim cyber pelajar NU. (Foto: Dok. IPNU-IPPNU Jepara)

nujepara.or.id – Perkumpulan Pengurus Bidang Dakwah dan Komunikasi / Sosmed / Jaringan Kominfo PAC IPNU IPPNU se-Kabupaten Jepara berkumpul di Pendopo Museum RA Kartini Jepara, Ahad (19/1/2020).

Pertemuan yang dihadiri 8 PAC itu dilaksanakan dalam rangka membentuk Tim Cyber Pelajar NU Jepara. Wakil Ketua PC IPNU Jepara bidang Dakwah dan Komunikasi, Failasofa Shidqi Novian, mengatakan rencana pembentukan Tim Cyber itu bertujuan untuk menangkal paham radikal masuk ke Jepara khususnya yang melalui jalur media sosial atau daring di kalangan anak muda. “Khususnya pelajar terlebih khusus yang berpaham Ahlussunnah wal jama’ah an Nahdliyah di Kabupaten Jepara,” katanya.

Rencana tersebut menurutnya terlambat. “Meskipun terlambat, kalo tidak dimulai sekarang lantas siapa nanti yang berani dan mau memulai ini, mungkin ada, tapi kapan?” lanjut inisiator kegiatan tersebut.

Pengurus IPNU yang akrab disapa Sofa itu mengemukakan Tim Cyber akan menjadi terobosan terbarukan dan peninggalan berharga dari IPNU-IPPNU Cabang Jepara periode ini untuk generasi pengurus IPNU IPPNU mendatang dalam berikhtiar berdakwah dan menekan tumbuhkembangnya organisasi Islam yang mengarah ke radikalisme masuk ke Jepara dan melakukan doktrinisasi terhadap para pelajar utamanya.

Lewat tim itu pula, lanjut mahasiswa Unnes pihaknya hadir untuk menanggulangi radikalisme agar tidak semakin merambah di kalangan pelajar melalui banyak sektor terutama di era milenial ini. “Sosial media adalah tempat yang paling riskan menjadi wadah doktrinasi yang cepat untuk kaum milenial,” tandasnya.

Dalam waktu dekat Tim Cyber tersebut akan disahkan dan di-SK-kan PC IPNU IPPNU Jepara sekaligus launching program.

Dari 8 PAC yang hadir menyetujui dan siap membantu program tersebut. Perwakilan PAC IPNU Kedung, Kamal menyambut baik program tersebut dengan memberikan masukan agar programnya nanti bisa menjadi E-Perpustakaan yang terdapat E-Book bukan hanya tentang Islami, Sejarah Islam saja, namun juga merambah bidang kesehatan juga.

Sambutan positif lain juga disampaikan Pengurus PAC IPPNU Bangsri agar nantinya pengurus Tim Cyber dibekali pelatihan bermedia sosial terlebih dahulu sebelum disahkan dan launching agar siap dalam menjalankan program dari PC.

PAC IPNU Tahunan, Kholis juga siap membantu menjalankan program yang ditugaskan untuknya.

Ketua PC IPNU Jepara, Nurus Salam menyampaikan bahwa program Bidang Dakwah akan sangat membantu NU di Jepara untuk menangkal paham Islam radikal yang ada di Indonesia dan sekaligus membantu PC IPNU IPPNU Jepara dalam berkomunikasi aktif dengan PAC bahkan hingga ke Ranting di Kabupaten Jepara. (fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.