Home / Berita / Shahnaz Surayya Mahasiswi Unisnu Raih Juara 2 Pramuka Garuda Berprestasi

Shahnaz Surayya Mahasiswi Unisnu Raih Juara 2 Pramuka Garuda Berprestasi

Penyerahan hadiah untuk Shahnaz juara 2 Pramuka Garuda Berprestasi Tingkat Kwarda Jateng. (Foto: Istimewa)

nujepara.or.id – Mahasiswi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara Shahnaz Surayya yang menjadi perwakilan gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara berhasil meraih juara kedua dalam lomba pramuka garuda berprestasi atau Eagle Scout Awards (ESA) tahun 2021 yang digelar oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Tengah.

Pada Senin (27/9) dilaksanakan penyerahan hadiah juara 2 ESA Pandega Putri Kwarda Jateng di ruang kerja Bupati Jepara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Shahnaz bersama kedua orang tua serta Rektor Unisnu Jepara, H. Sa’dullah Assaidi bertemu Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Turut hadir juga Ketua Kwarcab Jepara Hesti Nugroho dan Kepala Disdikpora Agus Tri Harjono.

Sebelumnya, penyerahan penghargaan oleh Ketua Kwarda Jateng kepada Kwarcab Jepara diwakili Agus Widiyantoro dan MB Setio Bintoro kepada Waka Binamuda Warcab Jepara Agus Tri Harjono, Selasa (21/9) di sanggar Bakti Pramuka Jepara.

Bupati Jepara mengapresiasi pencapaian Shahnaz. “Selamat atas pencapaian ini. Ini tentu menjadi kebanggaan kita semua. Jika saat ini menjadi juara kedua, maka di tahun-tahun berikutnya harus menjadi yang terbaik,” kata Dian Kristiandi.

Ditambahkan, pramuka sejauh ini menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter bangsa. Sebab pramuka mewujudkan generasi yang memiliki karakter dan mental yang kuat.

Prestasi tersebut diraih setelah menempuh beberapa tahapan. Sebagai pramuka garuda pandega putri terbaik se-Kwarcab Jepara dari lomba ESA tingkat Kwarcab Jepara, kemudian diutus menjadi perwakilan Kwarcab Jepara untuk berkompetisi dalam ESA  tingkat Kwarda Jawa Tengah dengan utusan-utusan pramuka terbaik lainnya.

Seleksi tahap penyisihan, Syahnaz yang juga juara 3 Duta Genre Kabupaten Jepara tahun 2019 ini mengikuti penilaian portofolio yang dilengkapi segudang prestasi lainnya. Selain itu juga penilaian maket bumi perkemahan serta tes tertulis.

Untuk melangkah ke tahap final, Shahnaz masuk kedalam 6 besar peserta terbaik yang kemudian mengikuti serangkaian tes wawancara dan FGD (Focus Group Discussion). Setelah itu, hasil lomba ESA disampaikan pada Upacara Peringatan Hari Pramuka Kwarda Jawa Tengah melalui Zoom Meeting pada 28 Agustus 2021.

”Tahapan itu kecakapan seorang Pramuka Garuda diuji. Sejauh mana kontribusi yang telah dilakukan serta kemampuannya dalam memahami dan menguasai topik,” tutur Shahnaz.

Shahnaz menuturkan Pramuka tidak hanya melulu soal tali temali, tepuk-tepuk, dan berkemah saja. Namun Pramuka adalah insan yang berkarakter, berkebangsaan, dan berketerampilan. “Yang diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi positif di lingkungan masyarakat,” jelasnya.  

Dalam kesempatan itu juga diserahkan piala dan piagam penghargaan kepada Shahnaz atas prestasinya. Ia merupakan mahasiswi semester 7 Program Studi Pendidikan Guru SD  dan juga anggota Racana Ratu Kalinyamat Unisnu Jepara. (za/ha)

Check Also

Gebyar Maulid dan Hari Santri Fatayat NU Karangrandu

Share this on WhatsApp Fatayat NU Karangrandu peringati Maulid Nabi dengan berbagai kegiatan. nujepara.or.id – …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.