Home / Berita / Sejak 2007, BMT USA Jepara Rutin Santuni Yatama

Sejak 2007, BMT USA Jepara Rutin Santuni Yatama

nujepara.or.id – Sejak tahun 2007 silam Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Ummat Sejahtera Abadi (USA) Kabupaten Jepara rutin menyantuni anak-anak yatim. Tahun 2020 atau bersamaan 1442 H ini Santunan Yatama bersamaan dengan 10 Muharram atau Sabtu (29/8) lalu.

Lewat Lembaga Zakat, Infak, dan Shadaqah Sejahtera (ElMazis) BMT USA ada 560 anak yang disantuni. Kegiatan santunan dilaksanakan serentak di seluruh cabang BMT USA se-Jepara.

BMT yang bernaung di bawah Asosiasi Koperasi Warga NU (Askowanu) itu memiliki 10 kantor yang tersebar di Jepara. Yakni Kantor Pusat di Jl Wahid Hasyim No 133 Jepara, Cabang Utama di Bapangan Jepara, Cabang Mantingan Tahunan, Cabang Mindahan Batealit, Cabang Pecangaan, Cabang Bandungrejo Kalinyamatan, Cabang Welahan, Cabang Mayong Lor Mayong, Cabang Nalumsari, dan Cabang Suwawal Timur Pakis Aji.

Ketua Pengurus BMT USA, H. Mustaqim Umar mengatakan santunan dilatarbelakangi ruh perjuangan BMT yaitu lembaga yang mengelola dana sosial baik yang bersumber dari zakat anggota, infak, dan sedekah anggota termasuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikeluarkan oleh lembaga.

“Ini sebagai wujud pengabdian anggota yang membutuhkan serta untuk lingkungan sekitar,” katanya.

Dikatakan kegiatan santunan tidak hanya dilaksanakan pada bulan Muharram saja tetapi juga pada tahun ajaran baru pendidikan. Sehingga setahun dilaksanakan 2 kali.

Ditambahkan Mustaqim sebagaimana lembaga pada umumnya, kegiatan ElMazis tidak hanya santunan saja melainkan banyak program kerja yang sudah disusun di awal tahun. “Di antaranya adalah ElMazis Religi, ElMazis Care, ElMazis Edukasi, ElMazis Empowering, dll,” tambahnya.

Hal lain ditambahkan Manajer BMT USA, Jauharuddin. Dikemukakan santunan bertujuan untuk memberikan kegembiraan terhadap adik-adik yatama sekaligus membantu beban dari keluarga yang kebetulan ayah sudah tiada.

“Semoga agenda ini bisa Istiqamah dan semakin memberi manfaat kepada anggota dan lingkungan,” harapnya.

Salah satu penerima santunan, Najuwa Sholihah mengatakan sangat senang dengan yang diterima khususnya BMT USA Kantor Cabang Suwawal Timur.

“Santunan ini akan saya manfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar di antaranya pembelian kuota internet,” pungkas putri almarhum Supriyadi ini. (sm)

Check Also

Bantu Program Pemerintah, Klinik Masyithoh Jepara Vaksin Ratusan Warga

Share this on WhatsApp Kegiatan vaksinasi di Klinik Masyithoh Jepara. (Foto: Istimewa) nujepara.or.id – Klinik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.