Home / Berita / Sayembara Menulis, Sarana Dakwah dan Mengembangkan Budaya Literasi

Sayembara Menulis, Sarana Dakwah dan Mengembangkan Budaya Literasi

nujepara.or.id – Akhir ramadhan lalu Pengurus Ranting IPNU-IPPNU Demangan melaksanakan kegiatan Pesantren Literasi dengan tema “Membangun Budaya Literasi Sebagai Media Dakwah“ dengan pemateri Misbahul Ulum, S.Sos pegiat literasi, dan pemateri Ahmad Subchan, S.S, M.Hum Dosen STIBI Syekh Jangkung Pati.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Sayembara Memulis dengan pilihan tema Meneladani Akhlaq Rasulullah SAW dengan ber-IPNU-IPPNU, Kreatif di tengah Covid-19, dan Memajukan Desa dengan Jalur Pendidikan.

Sayembara dimulai sejak 21 Mei – 21 Juni untuk pengiriman naskah, dan pengumaman pemenang pada 28 Juni 2020 di Facebook IPNU-IPPNU Ranting Demangan.

Adapun target peserta adalah anggota IPNU-IPPNU Ranting Demangan dan sekitar desa yang telah mengikuti acara Pesantren Literasi.

Ketua IPNU Rantingan Demangan, Muhammad Fajar Setiawan mengatakan kegiatan bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul kader kreatif dalam bidang menulis dan untuk menghidupkan budaya menulis dan membaca khususnya di wilayah Kabupaten Jepara yang semakin terkikis.

“Padahal di Jepara ada seorang pahlawan pendidikan Raden Ajeng Kartini yang sumbangsihnya sangat banyak untuk negeri ini terutama untuk pendidikan dan kaum wanita,” kata Fajar yang juga mahasiswa Unisnu Jepara ini.

Pihaknya berharap kegiatan bisa menjadi inspirasi IPNU-IPNU se-Jepara untuk mengembangkan budaya literasi sebagai sarana dakwah yang efektif, dan mampu menjadi generasi yang bertaqwa memperjuangkan ahlus sunnah wal jama’ah an-nahdliyah di masyarakat secara langsung atau lewat media sosial.

“InsyaAllah kegiatan ini akan kami agendakan setiap tahun sebagai sarana pengkaderan, pendidikan juga dawkah sebagai benteng ahlus sunnah wal jama’ah an nahdhiyah,” pungkasnya.

Adapun pemenang sayembara menulis secara berurutan juara 1 diraih Shifa Sabila Rusda dengan judul “Memajukan Desa dengan Jalur Pendidikan”. Juara kedua atas nama Zulia Rohman dengan judul “Dari Hal Itu Aku Tahu” dan juara 3 Anik Irdayanti dengan judul “Memilih Tetap Diam atau Maju dan Meroket”. (ip)

Check Also

MTs Walisongo Pecangaan Juarai Lomba Kaligrafi Tingkat Kabupaten

Share this on WhatsApp Salma Isdiyana, juara 1 Lomba Kaligrafi Festival Syari’ah 2021. (Foto: Istimewa) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.