Rangkaian Kegiatan Harlah NU ke-94 MWCNU Jepara

0
11
Pengajian umum Harlah NU ke-94 MWCNU Jepara. (Foto: Nurul Mustafid)

nujepara.or.id – Dengan senantiasa memohon ridlo Allah SWT, dalam rangka HARLAH ke-94 M (1926-2020) Nahdlatul Ulama, Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Jepara  telah  melaksanakan berbagai kegiatan.

“Dalam upaya menggelorakan dan menyemarakkan kegiatan HARLAH tahun 2020 ini, Kami menginstruksikan kepada Pengurus Ranting NU beserta BANOM untuk memasang bendera NU atau simbol-simbol NU di wilayahnya masing-masing mulai tanggal 1 – 31 Januari 2020” tutur Ketua Panitia Pelaksana, Ni’amulloh Hannan., S.Sy yang diamini oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Jepara, Hamzah Sholehuddin.

Rois Syuriyah mWC  NU Jepara Kota juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pengurus MWC NU Kecamatan Jepara beserta Banom (Muslimat, GP. Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU) dan Pengurus Ranting NU se- Kecamatan Jepara beserta Banom untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan HARLAH NU ini.

\Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Jepara , sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Panitianya, adalah sebagai berikut :

  1. Mulai Tanggal 01 – 23 Januari 2020 dilaksanakan Ziarah Tokoh NU masing-masing Ranting se Kecamatan Jepara dengan penanggungjawab Rois Syuriyah dan Ketua tanfidziyah PRNU.
  2. Pada hari Jum’at, 24 Januari 2020 pukul 14.00 wib  dilaksanakan Ziarah Tokoh MWC NU Kecamatan Jepara yang dipusatkan di Masjid As’adul Qona’ah / Maqbaroh Auliya Gandrung Kelurahan Potroyudan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Proses ziarah ini diimami oleh Katib Syuriyah MWC NU Kecamatan Jepara, Kiai Fahmi Mubarok dan do’a oleh Rois Syuriyah MWC NU Kecamatan Jepara, K.H. Nur Rohmat. Menurut Ustadz Supani dan Ustadz Sholikul Hadi, selaku Penanggungjawab kegiatan ziaroh ini, bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan PRNU se Kecamatan Jepara dan berziarah di komplek  Makam Mbah Agung Mbah Abdul Qodir bin Mat  Ngali (Muhammad Ali) ynang masih keturunan Kanjeng Sunan Kalijaga Kadilangu Demak.
  3. Pada hari Senin, 27 Januari 2020 pukul 08.00 wib dilaksanakan Bahtsul Masaail di Musholla Baitussalam Bandengan Jepara, dengan menghadirkan perwakilan LBM masing-masing Ranting dan perwakilan Pondok Pesantren di Kecamatan Jepara, Tahunan, Mlonggo dan Bangsri. Ketua LBM MWC NU Kecamatan Jepara, Ustadz Abdulloh Sutris no  menyatakan bahwa animo peserta Bahtsul Masaail pada tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahtsul Masaail ini merupakan kegiatan rutin yang mengiringi kegiatan HARLAH NU.

Sedangkan pada malam harinya, pukul 20.00-24.00 wib dilaksanakan Lomba Rebana dengan lagu wajib “SHOLAWAT NAHDLIYYAH” dan satu lagu “SHOLAWAT”. Dengan penilaian dari Dewan Juri yang sudah professional (Budi Yuwono, M. Kholisul ‘Uyun dan Jaelani Langon) ditentukan juara 1 (Ranting Demaan), juara 2 (Ranting  Mulyoharjo), juara 3 (Ranting Panggang).

4. Pada hari Selasa, 28 Januari 2020 pukul 08.00-12.00 wib dilaksanakan Khotmil Qur’an oleh 30 hafidz/hafidzoh dari  Jam’iyyah Qurro wal Huffadz (JQH) MWC NU Jepara, bertempat di 16 Masjid/Musholla di wilayah Desa Bandengan Kecamatan Jepara. Menurut Ketua JQH MWC NU, juga selaku Ketua Panitia HARLAH, Ni’amulloh Hannan, kegiatan khotmil Qur’an ini dipusatkan di Musholla Baitussalam Bandengan, yang juga akan digunakan sebagai tempat pengajian, keesokan malamnya. Pada sore harinya dilaksanakan Pawai Ta’aruf Madin dan TPQ se Desa Bandengan dengan Koordinator K.H. Nur Kholis dan Kiai Asnawi (Ketua Ranting NU Bandengan).

Sedangkan pada malam harinya, dilaksanakan Pengajian Umum dalam rangka : HARLAH KE-94 NU, Haul Massal, Peresmian Musholla Baitussalam, Haul Bapak H. TUMIRAN dan Mbah Karyo, yang ditenpatkan di Musholla Baitussalam Bandengan.

Pengajian umum dengan tema “Meneguhkan Kemandirian NU Untuk Perdamaian Dunia” ini menghadirkan KH. MAHYAN AHMAD dari Purwodadi.

Menurut K.H. Nur Kholis, kegiatan pengajian ini dimeriahkan oleh penampilan Juara 1 Lomba Rebana dan Qori Internasional Muhammad Zainuddin Akhyar dan saudaranya (Qori Terbaik MTQ Internasional Di Dhoha Qatar Tahun 2019).

Setelah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Tahlil dan do’a yang dipimpin K.H. Ulil Abshor Faqih.

Pengurus Ranting IPNU-IPPNU Bandengan tampil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, Ya Lal Wathon dan Mars Jepara, dengan kompak dan penuh semangat.

Dalam sambutannya sebagai wakil tuan rumah, Ustadz Abdulloh Sutrisno menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan mohon maaf atas segala kekhilafan. Sedangkan Ketua Tanfidziyah MWC NU Jepara, Hamzah Sholehuddin dalam sambutannya menyampaikan rangkaian kegiatan HARLAH ke-94 NU yang dilaksanakan oleh MWC NU Kecamatan Jepara.

Sambutan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Jepara oleh Ketua Tanfidziyah (K.H. Hayatun  Nufus) menegaskan kembali akan fungsi dan peran NU di tengah-tengah masyarakat. NU harus  bisa mengayomi jama’ahnya baik dalam semua sendi kehidupan, agar keberadaaan NU ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Sambutan Bupati Jepara, diwakili oleh Camat Jepara, Muchammad Syafi’i, SH., memohonkan maaf atas ketidakhadiran Bupati karena ada kagiatan lain yang bersamaan. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara, kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pengurus MWC NU dan BANOM, RNU dan BANOM, Nahdliyyin-Nahdliyyat, khususnya masyarajat Bandengan yang antusias mengikuti pengajian.

Dalam Mau’idloh Hasanahnya,  K.H. Mahyan Ahmad dari Purwodadi mengingatkan kepada hadlirin agar meningkatkan hubungan yang baik kepada Alloh dan kepada sesame manusia, agar mendapatkan kebahagiaan hiduo di dunia dan akherat. (nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.