Pesantren Balekambang Juara Umum MQK

0
9
Kafilah Pesantren Balekambang yang mewakili kecamatan Nalumsari juara umum MQK Kabupaten Jepara tahun 2109. (Foto: Ali Subkan)

nujepara.or.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara kembali mengadakan Musabaqoh Qiro’atil Kutub (MQK). Kegiatan yang menjadi event lomba olimpiade para santri dan diikuti oleh perwakilan 16 kecamatan di kabupaten Jepara ini berlangsung, Kamis (14/11) di Pendopo kabupaten Jepara dan sekitarnya.

Secara total terdapat 10 majlis dari tiga marhlah (tingkatan) yang diperlombakan dalam ajang MQK tahun ini. 10 majlis yang dilombakan, yakni tarikh ula, nahwu ula, fiqh wustho, tafsir wustho, ushul fiqih wustho, nahwu wustho, hadist ulya, fiqih ulya, nahwu ulya dan akhlaq ulya. Sedang tingkatan lomba ada tiga, yakni Marhalah Ula (dasar), Marhalah Wustho (Menengah), dan Marhalah Ulya (tinggi).

Berdasarkan surat keputusan majelis dewan hakim, kafilah pondok pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang sebagai utusan kecamatan Nalumsari meraih juara umum pertama. Mereka memperoleh 6 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Hal ini merupakan sebuah kemajuan dari tahun sebelumnya, karena pada tahun 2018 mereka memperoleh juara umum kedua.

Ketua koordinator pembinaan qiroatil kutub Pesantren Balekambang Ustadz Abid Sahil Noor menyampaikan keberhasilan yang diraih saat ini tidaklah lepas dari kegigihan dalam mempersiapkan diri. Selain itu faktor dukungan dari pengasuh pondok pesantren dan berbagai pihak juga memberikan dampak positif.

Pengasuh pesantren Balekambang H. M. Ali Syibromalisi menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Ia berharap dengan prestasi yang diperoleh saat ini jangan sampai menjadikan sombong.

“Keberhasilan ini belum seberapa, masih panjang sekali untuk mencari kesuksesan hakiki. Oleh karena itu kita boleh bersyukur tapi tidak boleh bangga berlebihan. Karena akan menimbulkan kesombongan, terpenting mari kita belajar, berdo’a dan berusaha untuk meraih kesuksesan yg haqiqi, semoga dapat ridlo dari Allah dan dapat ilmu yang barokah dan bermanfa’at,” pungkasnya.

Adapun daftar lengkap prestasi yang diperoleh santri antara lain:

1. Juara 1 Nahwu Ulya Putri, kitab Alfiyah ibnu Malik, atas nama Syafiatur Rohmaniyah (Mahasantri Ma’had Aly Balekambang);

2. Juara 1 Fiqih Ulya Putra, kitab Fathul Mu’in, atas nama M. Syibro Lubabul Masisi (Mahasantri Ma’had Aly Balekambang);

3. Juara 1 Nahwu Wustha Putra, kitab al- Umrithi, atas nama M. Fahmi Rahmatullah (Santri MA Balekambang kelas XI)

4. Juara 1 Nahwu Wustha Putri, kitab al- Umrithi, atas nama Manisa Khoirolla (Santri MA Balekambang kelas XI)

5. Juara 1 Ushul Fiqh Wustha Putri, kitab al-Waroqot, atas nama Kharirotuz Zahro (Santri MA Balekambang kelas XI)

6. Juara 1 Tarikh Ula Putri, kitab Khulasoh Nurul Yaqin, atas nama Nadya Qotrun Nada (Santri MTs Balekambang kelas IX)

7. Juara 2 Fiqih Ulya Putri, kitab Fathul Muin, atas nama Aini Salisul Fitria (Santri MA Balekambang kelas XII)

8. Juara 2 Tafsir Wustha Putri, kitab Tafsir al-Jalalain, atas nama Mahliqo Qoroi Alwy (Santri MA Balekambang kelas XI)

9. Juara 2 Nahwu Ula putra, kitab al-Jurumiyah, atas nama M. Yaqut Ali Wafa (Santri MTs Balekambang kelas VIII)

10. Juara 3 Tarikh Ula Putra, kitab Khulasoh Nurul Yaqin, atas nama M. Al Fakhzu Zuhri (Santri MTs Balekambang kelas VIII)

11. Juara 3 Nahwu Ula Putri, kitab al-Jurumiyah, atas nama Liyan Ainuna Zakiyah (Santri MTs Balekambang kelas VIII). (as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.