Penilaian Organisasi NU, Upaya Menguatkan Organisasi di Semua Tingkatan

0
3
Penilaian Organisasi NU yang berlangsung di MWCNU Jepara, Ahad (28/7/2019).

nujepara.or.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jepara mulai Ahad (28/7/2019) lalu melaksanakan Penilaian Organisasi NU; MWCNU dan Banom, Ranting NU dan Banom. Kegiatan penilaian tersebut pertama kali dilaksanakan di MWCNU Kecamatan Jepara.

Wakil Ketua PCNU Jepara, H. Hisyam Zamroni mengatakan Penilaian Organisasi NU adalah salah satu program PCNU Jepara sebagai penguatan dan penataan organisasi atau fiqih organisasi yang bertujuan untuk menguatkan organisasi di semua tingkatan baik PR, MCNU maupun banomnya.

Hisyam mengemukakan mengapa akreditasi Organisasi NU dilakukan? Pertama, untuk memastikan organisasi NU dan Banomnya di semua lini ada secara struktural dan hidup. “Kedua, memastikan program kerja NU dan banomnya dapat dijalankan karena organisasinya eksis,” tambahnya.

Ketiga, untuk memastikan pengurus NU mampu kerjasama lintas sektoral di semua tingkatan. Keempat memastikan bahwa wilayahnya kondusif dan mampu sedini mungkin mencegah radikalisme, penyakit sosial dan gangguan-gangguan yang menjadikan benih-benih konflik sosial.

Ditambahkan Hisyam yang juga Kepala KUA Kecamatan Jepara itu bahwa upaya yang dilakukan PCNU Jepara tersebut memberikan inspirasi bahwa NU ke depan akan tertata secara organisatoris dan implementasi program kerja dapat dilaksanakan secara terencana, sistematis, dan masif.

Kepada nujepara.or.id pihaknya menyatakan Penilaian Organisasi NU di MWCNU Kecamatan Jepara adalah putaran perdana dan akreditasi organisasi menurut rencana akan diselesaikan dalam waktu dua bulan. Ending dari akreditasi organisasi NU, PCNU memberikan reward (penghargaan) kepada yang terbaik.

Ditanya tentang aspek penilaian, Magister Studi Islam (MSI) UIN Walisongo Semarang itu menjelaskan aspek yang dinilai dari Struktur organisasi dan SK, Struktur Lembaga-lembaga di PR dan MWCNU, Program kerja, Kegiatan rutin, Program khusus  pemberdayaan ekonomi, Inovasi masing-masing ranting, Kerjasama lintas sektoral.

Juga Aset yang dimiliki, Pembinaan banom, Struktur banom dan program kerja, Pemberdayaan usaha dan layanan banom,  Program kerja lembaga-lembaga di MWC dan PRNU serta Administrasi kantor PR & MWCNU seperti surat keluar, masuk, surat tugas dan lain-lain.

Ketua PCNU Jepara, KH Hayatun Abdullah Hadziq menuturkan dengan penilaian organisasi harapannya tata organisasi NU semakin rapi, gerakan NU jadi gerakan yang bermanfaat bagi ummat, dan NU menjadi  organisasi tradisional yang berwawasan global. (ip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.