Home / Berita / Peduli Lingkungan, Ansor Kedung Rintis Bank Sampah

Peduli Lingkungan, Ansor Kedung Rintis Bank Sampah

PAC Ansor Kedung rintis bank sampa di Desa Panggung. (Istimewa)

nujepara.or.id – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kedung Kabupaten Jepara memfasilitasi terbentuknya panitia pembentukan kepengurusan bank sampah di  Desa Panggung Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Hal itu merupakan program Ansor sebagai bentuk kepedulian Ansor terhadap persoalan lingkungan.

Acara dilaksanakan di Balai Desa Panggung, Jumat (19/3/2021). Hadir Ketua PAC GP Ansor Kedung Sabiq Wafiyuddin, perwakilan Pemdes Panggung, PKK, tokoh masyarakat, Muslimat, tokoh agama, dan pengurus PAC Ansor Kedung

Kesempatan itu Gus Sabiq mengatakan permasalahan sampah jangan dibebankan kepada desa saja, melainkan membutuhkan peran serta elemen ormas agama, kepemudaan, karang taruna dll. Pemdes dan mayarakat dapat menjadi pelopor penggerak yang mempunyai andil luar biasa. Pernyataan ini adalah pengalaman yang ia dapatkan saat menjadi petugas pendamping desa.

“Pemdes sudah banyak pekerjaan yang harus dilaporkan. Jika permasalahan sampah dibebankan ke desa sampai yaumul qiyamah tidak akan rampung,” katanya.

Dalam rapat terbentuklah jajaran kepanitiaan pembentukan struktur bank sampah. Dalam kepanitiaan disepakati ketua panitia  Miftahul Huda,  anggota  Sumarto, Safiuddin, Muktadir, dan Tarji. Keempat panitia tersebut adalah kader Ansor Ranting Panggung.

Gus Sabiq menambahkan Ansor berembuk dengan Pemdes Panggung dan masyarakat  soal pengelolaan sampah ini merupakan program PAC Ansor Bidang Sosial Ekonomi. Bidang ini digawangi Wakil Ketua Bidang Sosial dan Ekonomi, Syukron Makmun dan Nasirin selalu anggota bidang.

Syukron Makmun menambahkan setelah pembentukan stuktur agenda selanjutnya PAC  akan terus mengawal sampai masalah sampah di Panggung terselesaikan. Menurutnya Desa Panggung akan dijadikan pilot project gerakan peduli sampah PAC Ansor di Kecamatan Kedung Jepara.

“Ini rencana sebagai pilot project gerakan peduli lingkungan PAC Kedung,” tambah Syukron Makmun.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Petinggi Panggung Samsul Huda. Ia mengucapkan terimah kasih kepada jajaran PAC Ansor Kedung atas acara yang telah dilaksanakan di desanya. “Terima kasih banyak semuanya. Semoga bank sampah ini segera terwujud,” harap Samsul. (ms)

Check Also

Ngopi Panas; Dari Penguatan Ekonomi, MoU Media Hingga Soal Sampah

Share this on WhatsApp Ngopi Panas, Ngolah Pikir Harapan Ansor. (Dok. Ansor Kedung) nujepara.or.id – …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.