Home / Resensi / Membaca Jepara dalam Suma Oriental

Membaca Jepara dalam Suma Oriental

Buku ini kaya dengan informasi tentang aspek sosial, aktivitas ekonomi, dinamika politik, kehidupan budaya, dan praktik keagamaan dunia timur/nusantara pada abad ke 16 M.

Khusus pada halaman 226 – 230 mengupas tentang Negeri Demak – Negeri Tidunan – Negeri Jepara. Yang mengejutkan adalah Negeri Tidunan yaitu sebuah Negeri yang berbatasan dengan Demak dan Jepara. Ini artinya boleh jadi desa Tedunan dulu adalah sebuah Kerajaan yang dipimpin oleh Pati Orob yang merupakan paman dari Pati Unus Penguasa Jepara.

Pate Unus adalah kesatria hebat di tanah Jawa yang mempunyai kekuasaan sangat luas. Diceritakan oleh Pires bahwa Negeri Jepara memiliki sebuah teluk dengan pelabuhannya yang indah. Di depan pelabuhan itu terdapat 3 pulau yang tampak seperti upeh. Kapal-kapal besar bisa masuk ke wilayah Jepara.

Pelabuhan Jepara adalah terbaik, keadaan terbaik. Semua orang yang akan ke Jawa dan maluku akan singgah di Negeri Jepara. Jepara sangat rindang. Kekuasaan Jepara sampai di Bangka, Tanjung Pura, Laue dan pulau pulau lainnya. (Hisyam Zamroni)

Check Also

NU di Tengah Pusaran Politik

Share this on WhatsApp Oleh : Ulil Abshor (Pengurus Ranting NU Desa Tahunan) Tahun 1952 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.