Kafilah Jepara Raih Prestasi di MTQ Umum Tingkat Provinsi Jateng

1
38
Kafilah Jepara dalam MTQ Tingkat Provinsi di Asrama Haji Donohudan.

nujepara.or.id – Kafilah Kabupaten Jepara dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Umum ke XXVIII Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 berhasil meraih kejuaraan di beberapa cabang lomba.

MTQ Umum ke 28 diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), Kemenag Jateng dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sejak 16-18 Desember 2019 MTQ Umum ke 38 diadakan di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Kafilah Kabupaten Jepara berhasil maju ke tingkat Nasional melalui cabang Tahfidz 20 Juz Putri, karena berhasil meraih juara 1 dalam cabang tersebut. Dengan memperoleh nilai 89,75 Alif Latifatuna dari Jepara berhasil mengungguli Kota Semarang yang meraih 79,25 dan nilai 68 dari Kabupaten Pekalongan.

“Tak menyangka kalau bisa dapat Juara 1, awalnya saat diumumkan masuk babak final dalam cabang Tahfidz 20 Juz Putri saya tidak menyangka dan bersyukur, Alhamdulillah saat final berhasil meraih juara 1, benar-benar tidak menyangka dan semoga ketika ke nasional bisa lebih baik lagi,” kata Alif Latifatuna yang juga santri Pesantren Darussalam Damarjati Kalinyamatan.

Adapun perolehan prestasi yang diraih oleh Kafilah Jepara dalam MTQ Umum ke XXVIII Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Zainuddin Ahyar (Juara harapan 1 Tilawah Anak Putra), Mutiara Wahyu (Juara harapan 1 Tilawah Anak Putri ), Rofiqotun Nisa’ (Juara Harapan 2 Tilawah Remaja Putri), Ivadah Chamelia (Juara Harapan 3 Tilawah Dewasa Putri), Azimatun Ni’mah (Juara Harapan 1 Tahfidz 10 Juz Putri), Muhammad Nur Falah (Juara Harapan 3 Tahfidz 20 Juz Putra),  Alif Latifatuna (Juara 1 Tahfidz 20 Juz Putri), Ahmad Nail Hamdani (Juara Harapan 3 Tahfidz 30 Juz Putra), dan Dewi Aisah Sulistiyawati (Juara Harapan 1 Tahfidz 30 Juz Putri). Secara peringkat keseluruhan se Jateng, Kabupaten Jepara berhasil di peringkat ke 7 Se Jawa Tengah.

Dalam sambutanya, Ahyani Ketua LPTQ Jateng menyampaikan bahwa MTQ Umum tahun ini diikuti lebih dari 900 peserta yang merupakan Kafilah/delegasi Kabupaten Se Provinsi Jawa Tengah.

“MTQ Tahun ini secara penyelenggaraan sukses dan pesertanya sangat bagus juga berkualitas, ya semoga Jateng bisa lebih baik lagi ketika nanti maju ke tingkat Nasional yang insyaAllah akan diselenggarakan Juli 2020 mendatang di Provinsi Sumatera Barat,” jelas Ahyani Ketua LPTQ Jateng yang juga Kepala Kemenag Jawa Tengah.

“MTQ event untuk menumbuhkembangkan, memupuk dan melestarikan nilai-nilai al Qur’an pada  masyarakat, khususnya generasi muda. Hasil utama yang ingin dicapai adalah terwujudnya generasi yang qur’ani, di samping itu juga munculnya para juara untuk maju tingkat nasional. Jepara meraih peringkat 7 Jawa Tengah. Terima kasih kepada semua pihak, utamanya kepada para peserta kafilah Jepara, yg sudah berupaya sekuat tenaga. Pemda Jepara, LPTQ Jepara, Kemenag Jepara, Pembimbing dan pembina, semoga ke depan lebih baik lagi,” terang Badrudin yang juga official dari Kemenag Jepara.

Turut mendampingi Kafilah Kabupaten Jepara, beberapa official yang terdiri dari Kemenag Jepara, Kabag Kesra Setda Jepara dan pembina pelatih dari LPTQ Kabupaten Jepara. (ms)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.