Idulfitri, Ansor Jepara Lakukan Giat Jogo Tonggo Jogo Wargo

0
12

nujepara.or.id – Menjelang perayaan hari raya Idulfitri, PC GP Ansor Kabupaten Jepara, melaksanakan audiensi dengan Kapolres Jepara, pada Senin (18/5) kemarin. Audiensi diikuti Ketua PC GP Ansor Jepara H. Syamsul Anwar, Sekretaris Kusdiyanto, Wakil Ketua M. Jauharudin, Wakil Kasatkorcab Banser M. Abdul Jalal, Biro Giat Satkorcab Banser H. Nur Rois, dan Provost Banser Jamil. Rombongan diterima langsung Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Maksud dan tujuan kehadiran Ansor ke Mapolres tidak lain koordinasi kegiatan “Banser Jogo Tonggo Jogo Warga” yang akan dilaksanakan serentak oleh Satkorcab, Satkoryon, Satkorkel Banser se-Kabupaten Jepara.

Ketua PC GP Ansor Jepara, H. Syamsul Anwar mengatakan audiensi yang dilaksanakan pihaknya karena melihat situasi keamanan Kabupaten Jepara yang kurang kondusif. “Maka Banser akan mengadakan giat “Jogo Tonggo Jogo Warga” yang akan dilaksanakan menjelang pra dan pasca idulfitri,” katanya.

Dikatakan Syamsul bentuk giat yang akan dilaksanakan yaitu berkoordinasi dengan stakeholder di semua tingkatan untuk menjaga lingkungan, masjid, mushala dan titik rawan. “Jumlah Ansor Banser 5.000an yang tersebar di seluruh desa se-Kabupaten Jepara akan didorong untuk berpartisipasi melaksanakan kegiatan tersebut agar Jepara tetap aman dan damai,” lanjutnya.

Pihaknya menambahkan audiensi yang dilaksanakan merupakan upaya sinergitas Ansor Banser dengan Kapolres dan seluruh jajaran dari tingkat kabupaten polres, kecamatan polsek sampai desa dalam rangka menjaga keamanan dan kondusivitas Kabupaten Jepara.

“Kami berharap kegiatan ini bisa lancar, aman, sukses didukung semua pihak dari pihak kepolisian dan stakeholder yang lain,” harapnya.

Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto menyambut baik giat yang dilaksanakan PC GP Ansor Kabupaten Jepara. Selain menyambut baik pihaknya juga mendukung giat “Ansor Banser Jogo Tonggo Jogo Warga.

Pihaknya berpesan untuk koordinasi bisa langsung dengan kapolsek dan polisi yang ditugaskan di desa. Giat yang dilakukan tambahnya agar dikoordinasikan dengan stakeholder yang lain. “Khusus hal penindakan serahkan pihak yang berwenang yaitu kepolisian,” pesannya.

Terpisah, Sekretaris PC GP Ansor Jepara, Kusdiyanto menambahkan tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu pihaknya membuka posko mudik dan tahun ini ditiadakan diganti giat jogo tonggo jogo warga.

Setelah audiensi terangnya langkah berikutnya adalah rapat koordinasi dengan Ketua PAC GP Ansor se-Jepara menyampaikan hasil audiensi dan melakukan koordinasi tahapan yang harus dilakukan.

“Bentuk konkrit giat ini masing-masing Ranting Ansor akan membuat pos pusat koordinasi di setiap desa kemudian giat Banser menjaga mushala, masjid, dan titik rawan di masing-masing desa,” jelasnya.

Adapun garis koordinasinya di tingkat Kabupaten Kasatkorcab Banser, di tingkat Kecamatan Kasatkoryon Banser, dan di tingkat Desa Kasatkorkel Banser. (ip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.