Home / Berita / Siswa Mathalibul Huda Ikuti Kompetisi Matematika Internasional

Siswa Mathalibul Huda Ikuti Kompetisi Matematika Internasional

Mathalibul Huda Ikuti Kompetisi Matematika InternasionalJepara – Anisa Hayati dan Dedi Wahyudi akan mengikuti kompetisi Olimpiade Matematika SIMOC 2016 di Singapura. Keduanya merupakan siswa di YPI NU Mathalibul Huda Mlonggo, Jepara yang saat ini tengah duduk di jenjang berbeda. Anisa Hayati adalah siswi kelas X di MA Mathalibul Huda Mlonggo, sementara Dedi Wahyudi adalah siswa kelas IX di MTs Mathalibul Huda Mlonggo.

Keikutsertaannya dalam kompetisi itu merupakan buah dari prestasi keduanya dalam ajang sebelumnya, Singapore And Asian Schools Math Olympiad (SASMO).

Dalam kompetisi tersebut, keduanya masing-masing memperoleh medali perak sehingga berhak mewakili Indonesia pada kompetisi Singapore International Math Olympiad Challenge (SIMOC) yang diselenggarakan pada tanggal 12-15 Agustus 2016 di St Joseph’s Institution Junior Singapore.

Tahun ini, Kompetisi Matematika SIMOC akan diikuti 15 negara, yaitu Indonesia, Singapore, China, Rusia, Bulgaria, Uzbekistan, Hongkong, India, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Mongolia, Laos, Brunei, Malaysia. Para peserta akan diuji per jenjang sesuai dengan kelas masing-masing. Setidaknya terdapat tiga kategori yaitu Math Olympiad Contest for grades 2 to 10, Maths Warriors Competition, dan Mind Sports Challenge.

Menjelang keberangkatan ke Singapura, kedua peserta olimpiade matematika ini dilepas oleh Bupati Jepara, H. Ahmad Marzuqi, S.E. Dalam sambutannya, Marzuqi berpesan agar keikutsertaan dalam lomba ini benar-benar dimaksimalkan, dia juga mendoakan agar para peserta bisa menorehkan prestasi sehingga akan menjadi kebanggaan Jepara serta sebagai kado HUT RI.

Kepala MTs Mathalibul Huda Mlonggo, Zainuddin, S.Pd.I saat mendampingi pelepasan siswanya di Kantor Bupati Jepara menuturkan bahwa prestasi yang selama ini di raih anak didiknya adalah berkat kesolidan dalam pembinaan olimpiade di madrasahnya, di samping itu juga siswa yang bersangkutan memang rajin dalam belajar dan ibadahnya. “Semoga dengan pencapaian ini bisa menginspirasi siswa lain di Jepara agar senantiasa meningkatkan prestasi belajarnya,” harapnya.

Senada dengan Zainudin, Guru Pembimbing Olimpiade Matematika, Nanang Aries, juga berharap keberhasilan siswanya menorehkan banyak prestasi akan semakin menambah semangat dan solidnya pembinaan siswa berprestasi di lingkungan YPI NU Mathalibul Huda Mlonggo. Selama ini di MTs Mathalibul Huda memang getol mengembangkan pembinaan siswa yang diorientasikan kepada olimpiade matematika. Melalui Malida Mathematic Olympiad (MMO), siswa dibina secara rutin dan berkesinambungan dalam memperdalam dan mengembangkan keilmuan matematikanya. (SM)

 

Check Also

PD Muhammadiyah – PCNU Jepara : Tidak Benar Berita Pengusiran Santri di Karimunjawa

Share this on WhatsAppJepara – Menyikapi isu di media sosial dan media online provokatif terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *