Home / Berita / Ribuan Kader NU Bersihkan Pantai Teluk Awur

Ribuan Kader NU Bersihkan Pantai Teluk Awur

IMG_9761JEPARA – Sekitar 3 ribu kader NU dibantu relawan, masyarakat umum, SKPD Jepara dan TNI-Polri membersihkan kawasan Pantai Teluk Awur Jepara, Jumat (25/3). Kegiatan itu dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tak membuang sampah ke laut maupun sungai.
Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Pengurus Cabang NU (PCNU) Jepara, Bupati Jepara Akhmad Marzuqi, Wakil Bupati Jepara Subroto, Ketua DPRD Jepara Dian Kristiandi tersebut, peserta membersihkan pantai sepanjang satu kilometer. Sampah yang dibersihkan mencapai 15 truk.
Kordinator Kegiatan, Albawawi menerangkan, kegiatan bersih pantai dimulai dari pusat Pantai Teluk Awur. Peserta dipecah menjadi dua arah. Satu kelompok membersihkan pantai ke arah selatan hingga Makam Mbah Joko Laut, kelompok lain membersihkan pantai hingga perbatasan antara Desa Tegal Sambi Kecamatan Tahunan dan Kelurahan Karang Kebagusan Kecamatan Jepara Kota.
“Dari bersih pantai sepanjang satu kilometer, sampah yang terkumpul mencapai 15 truk. Selanjutnya, sampah diangkut ke TPA Bandengan. Kebanyakan merupakan sampah organik,” terang dia.
Albawawi mengaku terkesan dengan respon kader NU dan masyarakat. Sebab awalnya ditargetkan sekitar 2 ribu peserta. Kegiatan serupa akan dilakukan rutin setiap tahun.
Wakil Ketua PCNU Jepara, Hisyam Zamroni menerangkan, secara umum kegiatan tersebut memiliki dua tujuan. Pertama, sebagai pembinaan terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah ke laut, maupun ke sungai. Sebab muara dari sungai juga ke laut. Kedua, untuk mengingatkan kepada Pemda agar bisa mengelola laut dan pantainya secara lebih baik.
“Tidak hanya persoalan sampah, tapi juga masalah lainnya yang terkait dengan pemanfaatan area pantai yang tak sesuai dengan peraturan,” tandas Hisyam.
Selain itu Pantai Teluk Awur, kata dia, kegiatan juga dilakukan di Pantai Bondo Kecamatan Bangsri oleh Kader NU setempat. (ms)

Check Also

PD Muhammadiyah – PCNU Jepara : Tidak Benar Berita Pengusiran Santri di Karimunjawa

Share this on WhatsAppJepara – Menyikapi isu di media sosial dan media online provokatif terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *