Home / Berita / Pengumuman Pemenang Lomba Blog Santri NU Jepara

Pengumuman Pemenang Lomba Blog Santri NU Jepara

Siap Grak: Peserta Pelatihan Blog NU Jepara Siap Belajar

JEPARA- Setelah pelatihan blog selama sehari penuh di Gedung NU Jepara pada Sabtu (26/03/2016), 50-an peserta yang terdiri atas santri, siswa, perwakilan ranting se-jepara, perwakilan lembaga di lingkungan NU dan perwakilan TNI, diharuskan untuk membuat blog sesuai tema yang telah ditentukan oleh panitia.

10 tema yang ditentukan, ternyata yang dipilih peserta banyak yang bertema wali, kyai dan santri. Padahal, banyak garapan tema lain yang lebih dinamis diisi dengan konten-konten yang lebih kaya daripada, misalnya, walisongo atau kehidupan santri.

“Kami tidak memaksa atas pilihan tema, tapi kalau soal walisongo, apalagi yang akan ditulis jika pemilik blog konsisten dengan nama blognya yang seputar walisongo itu. Kalau blog seputar wali, bisa lebih luas mengisi konten,” kata Gus Aik, panitia acara dari PC RMI NU Jepara.

Para peserta memang disarankan untuk membuat blognya bertema. Jadi, mereka tidak diperkenankan menggunakan url blog atas nama mereka atau lembaga. Sebab, blog yang bertema akan lebih disukai mesin pecari Google dkk daripada blog yang isinya campuran.

Materi-materi yang disampaikan antara lain: membuat email gmail, membuat blog berbasis blogspot, mengisi konten baik video maupun foto, lalu strategi pemilihan keyword melalui “google keyword planner”.

“Unsur jurnalisme blog belum kami sampaikan mengingat keterbatasan waktu dan kami berprasangka baik bahwa peserta sudah paham cara menulis sesuai kaidah jurnalistik,” ujar Gus Aik yang menjanjikan akan ada pertemuan selanjutnya untuk para peserta.

Acara yang didukung oleh Telkom ini diharapkan akan jadi embrio terbentuknya komunitas blogger dan cyber di kalangan santri dan kader NU di Jepara agar mereka bisa memperkaya konten-konten dakwah ahlussunnah wal jamaah an nahdliyyah di dunia maya. Ikut memperjuangkan ide-ied ulama nusantara yang semakin hari digerogoti oleh golongan anti NU, anti NKRI, dan anti Pancasila.

Berikut adalah link blog peserta lomba blog santri NU Jepara.

  1. http://tentangkyai.blogspot.co.id/
  2. http://biografikyai.blogspot.co.id/
  3. http://biografikyaidunia.blogspot.co.id/
  4. http://santrisalaf2016.blogspot.co.id/
  5. http://mengenal-ulamanusantara.blogspot.co.id/
  6. http://jejak-para-wali.blogspot.co.id/
  7. http://kisahwalisongo.blogspot.co.id/
  8. http://jejakparawali.blogspot.co.id/
  9. http://tentangkyai.blogspot.co.id/
  10. http://syiirannu.blogspot.co.id/
  11. http://creative-santri.blogspot.co.id/
  12. http://kata2islami.blogspot.co.id/
  13. http://kisah-para-wali.blogspot.co.id/
  14. http://filmkaryapesantren.blogspot.co.id/
  15. http://santridankehidupannya.blogspot.co.id/
  16. http://islamdankaumsarungan.blogspot.co.id/
  17. http://kehidupansantri1.blogspot.co.id/
  18. http://amaliyah-aswaja.blogspot.co.id/
  19. http://biografi-kyai.blogspot.co.id/
  20. http://mediabiografikyai.blogspot.co.id/
  21. http://biografisangkyai.blogspot.co.id/
  22. http://kitabkuning18.blogspot.co.id/
  23. http://kitab-kuning-lengkap100.blogspot.co.id/
  24. http://jejakparawali15.blogspot.co.id/
  25. http://aswajakita93.blogspot.co.id/
  26. http://biografikyaiku1925.blogspot.co.id/
  27. http://bunda-senyum.blogspot.co.id/
  28. http://karyappha.blogspot.co.id/
  29. http://karyapphajoglo.blogspot.co.id/
  30. http://kehidupansantriha.blogspot.co.id/
  31. http://biografikyaiku1.blogspot.co.id/
  32. http://kehidupan-santri.blogspot.co.id/
  33. http://kartini-muslimah.blogspot.co.id/
  34. http://sejarah-parawalisongo[.]blogspot.co.id/ [link mati]
  35. http://kehidupan-santridt[.]blogspot.co.id/ [link mati]
  36. http://biografiparakyai[.]blogspot.co.id/ [link mati]

Setelah dibuka oleh juri, dari 36 url blog (minus 3 blog yang mati) yang didaftarkan ikut lomba, diputuskan 3 blog yang berhak mendapatkan hadiah dari panitia Harlah NU ke 93 oleh RMI, LTN dan LBM NU Jepara. Masing-masing blog pemenang sesuai urutan adalah:

  1. http://creative-santri.blogspot.co.id | Nurul Muttaqin, PP Roudlatul Mubtadi’in, Balekambang
  2. http://kata2islami.blogspot.co.id | Afifuddin, PP Hasyim Asy’ary Bangsri
  3. http://kartini-muslimah.blogspot.co.id | Irfa Rofiana, PP Al-Qonitat Miftahul Jannah

Catatan dari juri:

  1. Banyak isi blog yang tidak mencantumkan nama penulis dan kebanyakan konten berisi copy-paste dari blog-blog lain yang sudah ada namun tidak mencantumkan sumber link. Ini kelemahan fatal.
  2. Puluhan blog belum ada menu atau label yang memudahkan pembaca untuk mencari konten berisi tema yang sama di blog. Harus belajar lagi cara mengatur link via template untuk setting menu atau label.
  3. Hampir tidak ada blog yang terindex Google karena belum ada peserta yang mendaftarkan link blognya ke Google Submit. Ketika diketik satu baris isi blog ternyata yang muncul adalah link blog yang dicopas peserta.
  4. Ihwal desain, rata-rata penempatan desain gambar banyak yang belum bisa menyesuaikan letaknya. Sehingga, banyak foto berukuran asli diposting begitu saja di header, sidebar blog dan postingan, keluar dari ukuran body blog yang seharusnya. Akibatnya, pembaca tidak nyaman lama-lama bertahan di satu judul sekalipun.
  5. Background template blog juga banyak yang menggunakan logo NU atau logo lembaga. Ini justru membuat pembaca tidak nyaman dan membuat loading blog lambat. Hal lain yang membuat blog lambat loading adalah musik, membuat atribut kursor dan foto-foto tanpa kompres. Tiga blog pemenang semuanya memakai background natural, atau kode warna. Sehingga nyaman dibaca. Namun, soal penulisan, masih sama dengan 33 blog lain yang tidak mencantumkan nama penulis, kode penulis atau sumber link konten copas.
  6. Soal keyword, banyak yang belum mempraktikkan. Pasalnya, banyak url blog masih menggunakan angka. Banyak juga judul postingan yang lepas dari label, deskripsi atas dasar keyword serta banyaknya pemilik blog yang tidak menulis tebal kata penting yang layak ditelusuri mesin pencari semacam Google.
  7. Beberapa blog yang didaftarkan ke panitia ada yang tidak bisa dibuka atau mengalami kesalahan link. Karena link rusak, terpaksa ditulis menggunakan “[.]”.

Keputusan pemenang dinilai dari isi konten, desain grafis, kesesuain tema, pemilihan url blog, dan semuanya harus orisinil terbebas unsur copy paste dari blog-blog orang lain yang sudah ada. Penilaian belum mengarah kepada kualitas blog dilihat dari strategi Search Engine Optimation (SEO) dan unsur lain. “Ini lomba blog pemula, bukan lomba SEO,” sebut kang Ainul, blogger dari LTN NU Jepara.

Bagi pemenang, silakan kontak kepada panitia untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. (abd)

Check Also

PD Muhammadiyah – PCNU Jepara : Tidak Benar Berita Pengusiran Santri di Karimunjawa

Share this on WhatsAppJepara – Menyikapi isu di media sosial dan media online provokatif terkait …

2 comments

  1. Wah, kirain index Google nggak di nilai mas :3

    Suwun, wassalamualaikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *