Home / Berita / NU dan Ikdamuba Blusukan ke Kampung Bantu Dhuafa

NU dan Ikdamuba Blusukan ke Kampung Bantu Dhuafa

SERAHKAN BANTUAN: Perwakilan dari Ikdamuba, Wiwik Endang Triningsih menyerahkan bantuan sembako kepada warga pesisir di Desa Semat Kecamatan Tahunan, Jepara, baru-baru ini.
SERAHKAN BANTUAN: Perwakilan dari Ikdamuba, Wiwik Endang Triningsih menyerahkan bantuan sembako kepada warga pesisir di Desa Semat Kecamatan Tahunan, Jepara, baru-baru ini.

 

JEPARA – Nahdlatul Ulama (NU) bersama Ikatan Daiyah Muda Bangsri (Ikdamuba) menyelenggarakan program bantuan sosial ke kaum dhuafa di desa-desa. Hal itu dilakukan tiap  pekan dalam dua  bulan terakhir. Kegiatan tersebut akan terus berjalan dan menjangkau ke lebih banyak perkampungan.

Hal itu disampaikan Ketua PCNU Jepara KH Hayatun Abdullah Hadziq dan Ketua Ikdamuba Munashiroh, baru-baru ini. Kegiatan tersebut disokong penuh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Bangsri KH Taufiqul Hakim. “NU sudah ada kerja sama dengan Ikdamuba dalam berbagai bentuk. Salah satunya melalui santunan atau sedekah ke masyarakat yang kurang mampu di desa-desa. Ini sudah berjalan ke beberapa desa dan akan terus berjalan. Ada juga kerja sama dalam penyaluran zakat melalui Lazisnu,” kata Kiai Hayatun, kemarin.

Munashiroh mengatakan, Ikdamuba, perkumpulan para dai perempuan di Kecamatan Bangsri, Mlonggo dan Kembang, sejak 2012 sudah menjalankan program bantuan sosial dan mulai 2016 ini bekerja sama dengan NU. “Program ini disokong penuh Kiai Taufiqul Hakim. Tak hanya bantuan sembako, tetapi juga buku atau kitab,” ujar Munashiroh di sela-sela penyerahan bantuan puluhan paket sembako untuk masyarakat Desa Semat Kecamatan Tahunan, Kamis (26/5) sore bersama Wakil Ketua PCNU jepara Hisyam Zamroni.

Ia menjelaskan, sebelum ini, ia bersama perwakilan NU sudah blusukan ke beberapa desa, di antara Desa Sowan Kidul dan Desa Surodadi Kecamatan Kedung, Desa Pancur Kecamatan Mayong dan Desa Keling. Lebih dari 1.000 Alquran juga diperbantukan untuk masyarakat dalam beberapa pekan terakhir. Kegiatan tersebut berjalan tiap pekan dan biasanya diserahkan tiap Kamis sore atau Jumat.

Bantuan untuk warga Desa Semat diserahkan kepada Ketua NU Ranting Semat Nurhadi dan disaksikan masyarakat yang menerima. Sebelum penyerahan bantuan dilakukan pembacaan Alquran bersama oleh para penghafal Alquran. (ms)

 

Check Also

PD Muhammadiyah – PCNU Jepara : Tidak Benar Berita Pengusiran Santri di Karimunjawa

Share this on WhatsAppJepara – Menyikapi isu di media sosial dan media online provokatif terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *