Home / Berita / Meriahkan HSN dengan Lomba Menulis Cerita Santri

Meriahkan HSN dengan Lomba Menulis Cerita Santri

Jepara – Dalam memeriahkan Hari Santri Nasional (NSN) 2018 SMK Walisongo Pecangaan Jepara memeriahkan agenda tahunan tersebut dengan Lomba Menulis Cerita Santri Inspiratif.

Lomba yang diikuti 57 peserta ini dimulai 15 Oktober sejak sampai 20 Oktober. Pesertanya dari berbagai jurusan di SMK Walisongo dari. Adapun pengumuman dilaksanakan di SMK setempat, Senin (22/10) bersamaan dengan peringatan hari santri.

April Puji Astuti, Waka Kesiswaan mengatakan kegiatan bertujuan untuk menambah wawasan, mengembangkan berpikir kritis, melatih dan menumbuhkan minat menulis. “Serta menggali lebih dalam makna santri menurut kacamata mereka dan memberikan opini tentang tokoh yang menginspirasi peserta,” katanya.

Pihaknya menambahkan salah satu agenda memperingati HSN itu dewan jurinya adalah pangampu mapel Bahasa Indonesia dan pembina ekskul jurnalistik.

April mengungkapkan tanggapan para dewan juri. “Bahwa karya yang dihasilkan luar biasa menginspirasi. Sesuai tema “Inspirasi Santriku, motivasiku” memang memberikan ruang mereka untuk mengeksplor dan membuka memori bagaimana santri yang selama ini memotivasi dirinya,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan banyak peserta memaparkan nilai-nilai didik atau inspirasi baik tersirat maupun tersurat yang inspirasi tersebut bisa diteladani pembaca.

Ardana Himawan, Kepala SMK Walisongo menambahkan lomba menulis bertujuan memberikan motivasi belajar, berkarya dan mengembangkan diri berdasarkan pengalaman positif teman sejawatnya.

Adapun 3 juara dalam lomba tersebut. Juara 1 diraih M Luthfil Hakim (XI TKR A), Juara 2 Analisa (XII PBS B) dan Juara 3 Fita Fajria Mustaghfira (XII PBS A). Ketiga juara memperoleh hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan.

Selain Lomba Menulis Kisah Inspiratif kegiatan yang diagendakan untuk menyemarakkan HSN di SMK Walisongo adalah Makesta IPNU-IPPNU Komisariat SMK Walisongo, Talk Show Motivation, Workshop Photo Product dan Bisnis Digital, Apel Hari Santri, Baksos ke Masjid/ Mushalla, dan Pelatihan PTK untuk Guru. (ip)

Check Also

FKUB Jepara Gelar Seminar Lintas Agama Jelang Pemilu

Share this on WhatsAppJepara – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jepara menyelenggarakan Seminar Lintas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *