Home / Pojok Bola / Liga Champions Eropa 2015-2016 Arsenal vs Barcelona

Liga Champions Eropa 2015-2016 Arsenal vs Barcelona

bola” Jika Arsene Winger sudah menemukan lubang-lobang kelemahan Barça, lalu meracik resep penyerangan dan memberi instruksi tinggi untuk menghentikan gerak Trio MSN, maka Rabu dinihari nanti merupakan malam yang sangat baik buat Arsenal dan malam yang buruk buat Barcelona sepanjang Liga Champions Eropa musim ini “
 
Pertarungan Sahabat Lama
 
Arsenal dan Barcelona sudah dikenal memiliki hubungan dekat dalam urusan transfer pemain. The Gunners dan Blaugrana kerap kali melakukan transaksi jual beli pemain antar satu sama lain dalam 12 tahun terakhir. Tercatat beberapa nama pemain pindahan dari Arsenal ke Barcelona sejak tahun 2000, mulai dari Emmanuel Petit, Marc Overmars, Giovanni, Sylvinho, Thierry Henry, Alex Song dan terakhir Thomas Vermaelen. Begitu pula sebaliknya, beberapa pemain Los Azulgrana juga direkrut The Gunners, diantaranya Hector Bellerin, Mikel Arteta, Cesc Fabregas dan Alexis Sanchéz.
pojok bola
 
Kedua tim akan melakoni pertandingan dalam babak 16 besar Liga Champions Eropa musim ini pada Rabu dinihari pukul 02.45 WIB.
 
Keduanya sama-sama telah melakukan pertandingan di akhir pekan kemaren pada hari Sabtu, 20 Februari 2016. Arsenal melawan Hull City pada pukul 19.45 WIB dan Barcelona melawan Las Palmas pada pukul 22.00 WIB. Baik Arsenal maupun Barcelona sama-sama memperlihatkan penampilan kurang bagus dan cenderung mengkhawatirkan pada laga masing-masing. Arsenal ditahan imbang 0 – 0 oleh Hull City dalam putaran ke-5 Piala FA sehingga memaksa Arsenal untuk melakoni partai ulang di kandang Hull City beberapa hari kedepan. Sementara itu Barcelona berhasil mengalahkan Las Palmas dengan skor 2 – 1 pada jornada ke-25 Laliga Spanyol di kandang Las Palmas di Kepulauan Canary, lepas pantai Maroko.
Namun kemenangan El Barça tersebut diwarnai sejumlah kesalahan dan kecerobohan beberapa pemain. Gol Las Palmas tercipta sangat dipengaruhi kesalahan bek kanan Blaugrana, Dani Alves. Kesalahpahaman Ivan Rakitic dengan pemain lain juga menambah daftar kecerobohan pemain El Barça dalam laga tersebut. Selama 90 menit pertandingan Las Palmas melakukan tekanan melebihi permainan yang ditampilkan oleh Barcelona. Bahkan di menit-menit akhir tim zona degradasi itu mampu menciptakan empat atau lima peluang berbanding dua oleh Barcelona. Las Palmas seperti Barcelona yang sesungguhnya pada laga itu.
 
Tampil Ofensif
 
Model permainan Arsenal dan Barcelona nyaris serupa. Bermain menekan dan menyerang dalam tempo sangat tinggi. Model permainan ini sesungguhnya merupakan siasat mengelabui lawan akan lemahnya pertahanan tim, karena serangan yang dilakukan secara tersusun rapi, terpola baik dan terus menerus merupakan pertahanan itu sendiri. Maka akan sangat menarik saat tim dengan model dan pola yang sama bertemu dalam sebuah pertandingan.
 
Sepanjang sejarah kedua tim sudah pernah bertemu sebanyak lima kali dalam ajang Liga Champions Eropa. Tiga kemenangan menjadi milik tim Spanyol itu, satu direbut Arsenal dan satu lagi berakhir imbang, sehingga laga Rabu dinihari nanti merupakan laga ke-enam bagi kedua tim. Selama itu pula laga selalu berjalan ketat dan hampir selalu diwarnai pelanggaran berbuah kartu merah.
Sebagai tuan rumah Arsenal diuntungkan dengan pemain ke-12, yaitu para suporter Meriam London. Saat ini Arsenal berada pada posisi ke-2 di babak grup, sehingga pada laga Rabu dinihari nanti merupakan laga melawan tim yang menyandang tag hampir di setiap musim. Jika Arsene Winger sudah menemukan lobang-lobang kelemahan Barça, lalu meracik resep penyerangan dan memberi instruksi tinggi untuk menghentikan gerak Trio MSN, maka Rabu dinihari nanti merupakan malam yang sangat baik buat Arsenal dan malam yang buruk buat Barcelona sepanjang Liga Champions Eropa musim ini.
 
Barça memiliki lebih banyak kesempatan untuk memenangkan pertandingan ini sesuai dengan hasil mereka sebelumnya. Barça saat ini adalah tim terbaik di dunia. Mereka bermain dengan gaya dan kecepatan. Namun Arsenal juga memiliki kekuatan untuk menang dengan mengandalkan serangan cepat di awal laga. Tidak ada keraguan tentang kemampuan Giroud, Sanchéz dan Walcott ditambah umpan-umpan mematikan Mesut Özil. Akan tetapi dengan daftar cedera yang diderita kubu The Gunners seperti Kapten Tim Mikel Arteta (betis), Alexis Sanchéz (hamstring), Coquellin (lutut), Rosiscky (lutut), Santi Cazorla (lutut), Danny Welbeck (lutut) dan Jack Wilshere (betis) membuat Manager Arsene Wenger harus mampu menjamu tim tamu dengan jamuan super istimewa untuk menghindari kekalahan.
 
Di kubu Barcelona Arda Turan, pemain baru asal Turki hasil rekrutan dari Atletico Madrid mengalami cedera suspensi saat bermain melawan Las Palmas di pentas Laliga minggu lalu, namun Manager Luis Enrique bertekad membuat skuadnya mampu menyelesaikan tahap knock out dan berharap mencapai perempat final. Motivasi terbesar Los Azulgrana adalah mempertahankan mahkota juara yang telah diperoleh pada musim lalu.
 
 
Muhammad Nasrullah Huda
Ketua LBM NU Jepara

Check Also

Liverpool Bagai Mengulang Sejarah Hebat Istambul 2005

Share this on WhatsAppLIVERPOOL – Laga dramatis tersaji di Anfield, kala Liverpool menjamu Borussia Dortmund …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *