Home / Pojok Bola / La Liga Spanyol Jelang Real Madrid vs Atletico Madrid

La Liga Spanyol Jelang Real Madrid vs Atletico Madrid

picsay-1456452785” Tak ada alasan bagi Trio BBC dkk untuk terpeleset di kandang. Jika Los Blancos meraih hasil minor, maka dapat dipastikan peluang anak asuh Zinedine Zidane tersebut sangat tipis dalam perebutan gelar juara La Liga pada musim ini “
 
Duel Panas Kakak-Adik
 
Real Madrid kerap bermain defensif dan mengandalkan serangan balik serta bola-bola mati dalam beberapa tahun terakhir. Sejak era Jose Mourinho hingga Carlo Ancelotti gaya permainan tidak berubah, bahkan di bawah kepemimpinan Rafael Benitez, gaya bermain seperti itu masih diterapkan.
Di tangan pelatih baru asal Perancis Zinedine Zidane gaya permainan berubah. Zidane menerapkan konsep permainan cepat dan penguasaan bola di daerah permainan lawan. Di bawah asuhan Zidane, Los Blancos terlihat lebih garang dan tampil lebih atraktif. Kuncinya menjauhkan bola dari lini pertahanan dan melakukan pertukaran di sektor sayap dengan sangat cepat.
 
Sedikit berbeda dengan sang kakak, Atletico Madrid di bawah besutan Diego Simeone menjelma menjadi tim tangguh yang sulit ditaklukkan. Permainan Los Colchoneros seakan merepresentasikan bagaimana Simeone bermain dulu, bermain dengan energi penuh. Atletico selalu menampilkan permainan keras, powerfull, sedikit kasar dan “ngoyo” di sepanjang 90 menit pertandingan. Sebenarnya pola yang diterapkan sederhana, tetapi solid, kuat dan seimbang di setiap lini. Dengan gaya dan model permainan seperti itu Simeone berhasil meramu “jurus mematikan” yang sesuai dengan karakter para pemain. Jika gaya permainan sepakbola Spanyol sering dikaitkan dengan Barcelona, maka Atletico Madrid seperti keluar dari mainstream tersebut. Atletico seperti bukan tim Spanyol.
 
Pekan Krusial
 
Kompetisi La Liga Spanyol telah memasuki detik-detik mendebarkan. Tiga tim teratas Barcelona, Atletico Madrid dan Real Madrid tengah bersaing ketat menduduki puncak klasemen. Akhir pekan ini akan tersaji duel sengit dua tim papan atas bertajuk El Derbi Madrileno. Pada jornada ke-26 ini Real Madrid akan menjamu tim satu kota Atletico Madrid di Estadio Santiago Bernabeu pada Sabtu (27/2) mulai pukul 22.00 WIB.
 
Saat ini Los Blancos, julukan Real Madrid berada di peringkat ke-3 klasemen sementara La Liga dengan raihan 53 poin terpaut satu poin dari Atletico yang berada di posisi runner up. Melihat lima pertandingan terakhir di pentas La Liga Los Blancos berhasil meraih empat kemenangan dan sekali hasil imbang. Sementara Los Colchoneros meraih dua kemenangan, dua kekalahan dan sekali hasil imbang. Di pentas Liga Champions Eropa Real Madrid berhasil menundukkan tuan rumah AS Roma kala bertandang ke Stadion Olympico, Roma Italia. Dalam laga tersebut Madrid mendapat perlawanan sengit dari AS Roma, namun ketangguhan Madrid terbukti saat megabintangnya, Cristiano Ronaldo menerima umpan dari Marcelo dan melepas tendangan dari pinggir kotak Roma ke pojok kiri gawang Szczesny. Meski tanpa Bale, Madrid tetap memukau. Gol kedua semakin meneguhkan khas permainan cepat ala Zidane. Jese yang berlari bebas dari sisi gawang Roma berhasil masuk kotak dan melesakkan tembakan keras mendatar ke arah tiang jauh dan sukses menjebol gawang Roma. Serangan-serangan Roma juga mampu dimentahkan dengan baik oleh lapis pertahanan Madrid. 2-0 menjadi kemenangan milik Madrid.
 2016-02-26 10.08.22
Sementara itu Atletico ditahan imbang 0-0 oleh PSV Eindhoven di markas PSV, Stadion Philips Eindhoven, Brabant Utara, Belanda. Meski bertindak sebagai tamu, namun Atletico tampil percaya diri dengan terus menerus melakukan tekanan ke daerah pertahanan PSV sejak menit awal. Pada menit ke-68 Atletico diuntungkan dengan jumlah pemain, pasalnya Gaston Pereiro diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua. Yang sangat terasa dalam laga ini adalah kokohnya pertahanan Los Colchoneros, terbukti anak asuh Philips Cocu tidak mampu berbuat banyak di arena pertahan Atletico. Serangan-serangan Atletico sangat menakutkan, sayangnya finishing touch anak asuh Diego Simeone tersebut kurang halus dan berbuah antiklimaks.
 
Dari fakta dan data tersebut sudah sepantasnya jika Real Madrid lebih diunggulkan dalam laga ini, karena di era Zinedine Zidane ini Los Blancos tampil sangat mengesankan. Tak ada alasan bagi Trio BBC dkk untuk terpeleset di kandang. Jika Los Blancos meraih hasil mirror, maka dapat dipastikan peluang anak asuh Zinedine Zidane tersebut sangat tipis dalam perebutan gelar juara Laliga pada musim ini. Para pemain Madrid harus bekerja ekstra dalam merobohkan benteng pertahanan Atletico yang sangat kokoh tersebut. Disamping itu pemain belakang Madrid harus lebih waspada mendapati kejutan-kejutan anak asuh Simeone, pasalnya maskot Los Colchoneros yaitu Fernando Torres telah kembali menemukan ketajamannya, ditambah Atletico selalu menuai hasil apik kala menyambangi saudara tuanya tersebut. Dalam 10 Derby Madrid terakhir Atletico mampu membukukan empat kali menang, sekali kalah dan sisanya imbang. (Muhammad Nasrullah Huda, ketua LBM NU Jepara, pemerhati La Liga)

Check Also

Liverpool Bagai Mengulang Sejarah Hebat Istambul 2005

Share this on WhatsAppLIVERPOOL – Laga dramatis tersaji di Anfield, kala Liverpool menjamu Borussia Dortmund …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *