Home / Berita / Hidupkan Kembali “Afkar” Lewat Pelatihan Jurnalistik

Hidupkan Kembali “Afkar” Lewat Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan Jurnalistik SMK Kholiliyah Bangsri
Pelatihan Jurnalistik di SMK Kholiliyah Bangsri 1-2 September 2016

JEPARA – Tahun 2013 dan 2014 SMK Kholiliyah Bangsri Jepara berhasil menerbitkan majalah tahunan Afkar. Setelah itu hingga saat ini majalah vakum, belum diterbitkan lagi.

Nah, untuk menghidupkan kembali majalah berjargon berpikir, bertindak dan berkarya Lembaga Pers Siswa (LPS) Afkar melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang dilaksanakan Kamis-Jum’at (01-02/09/16).

Selama dua hari, 25 peserta dari SMP IT dan SMK Kholiliyah memperoleh materi pengenalan jurnalistik, menulis artikel, sastra dan berita. Adapun pemateri berasal dari pegiat jurnalistik sekolah dan madrasah.

Pasang surutnya kegiatan jurnalistik di sekolah tersebut, kata Sahal Humami pembina ekskul lantaran minimnya SDM dari siswa. Setelah vakum 1 tahun ada siswa yang memiliki inisiatif untuk menghidupkan kembali kegiatan tulis-menulis tersebut.

Guru yang sering disapa Gus Humam ini mengemukakan karena ditugasi untuk membimbing jurnalistik dari pihak sekolah sebisa mungkin pihaknya bekerja keras mengembangkannya.

“Setiap Sabtu seminggu sekali kita ada latihan rutin dengan pemberian materi. Sebelum PJTD kemarin juga kami mengadakan pra PTJD agar peserta ada gambaran sebelum pelatihan,” tambahnya.

Kegiatan tersebut imbuhnya untuk membekali ilmu jurnalistik juga untuk meneruskan produksi majalah tahunan edisi berikutnya. (sm)

Check Also

Menyemai Pesan Damai dari Jepara

Share this on WhatsAppJepara – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Jepara mengapresiasi kegiatan Kemah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *