Home / Berita / Festival Thongtek Lestarikan Budaya Ramadan

Festival Thongtek Lestarikan Budaya Ramadan

Jepara – Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Mlonggo Jepara bekerja sama dengan Forum Karang Taruna Ksatria Muda kecamatan Mlonggo mengadakan Festival Thongtek yang terpusat di lapangan Desa Srobyong, Rabu (22/06) lalu.
 
Kegiatan tersebut sudah rutin digelar selama lima tahun terakhir yang setiap tahunnya selalu menyedot antusiasme peserta maupun penonton. Terlihat dari tahun ke tahun jumlah pesertanya terus bertambah, kecuali tahun ini yang menurun.
 
“Untuk tahun ini pesertanya kita batasi sesuai arahan dari MWC, yaitu hanya 25 peserta,” terang Abdul Muis, ketua PAC IPNU Mlonggo.
 
Acara yang diikuti 23 tim dan enam bintang tamu tersebut mendapat dukungan penuh dari MWC NU Mlonggo.  Dukungan juga datang dari Ketua DPRD Kabupaten Jepara Dian Kristiandi, Forum Karang Taruna Kabupaten Jepara, Pemerintah Kecamatan Mlonggo dan Pemerintah Desa Srobyong.
 
“Selain untuk menjalin silaturahmi, acara ini juga untuk melestarikan budaya thongtek yang selalu hadir saat Ramadan datang dan untuk menunjukkan eksistensi IPNU-IPPNU Mlonggo,” imbuhnya.
 
Sementara Muhammad Khoironi, ketua IPNU Cabang Jepara yang juga hadir di tengah-tengah acara sebagai juri menyampaikan dukungannya dan apresiasi yang setinggi-setingginya kepada panitia yang mampu menyelenggarakan acara semeriah ini.
 
“Semoga ini menjadi inspirasi bagi PAC-PAC yang lain untuk bisa melebarkan sayap, selain menyelenggarakan kegiatan kaderisasi internal perlu juga melaksanakan kegiatan-kegiatan eksternal dan menjalin kerja sama yang baik dengan semua unsur elemen masyarakat,” paparnya.
 
Acara yang berlangsung kurang lebih sekitar empat jam tersebut diakhiri dengan pembagian piala. Sebagai juara pertama adalah Punakawan dari Mambak, juara kedua Irmam dari Kecapi, dan juara ketiga Kharisma dari Jambu Timur.
 
“Saya sangat bangga melihat generasi penerus saya yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan IPNU-IPPNU Mlonggo. Semoga ini akan menjadi wahana yang baik untuk mengembangkan IPNU-IPPNU ke depan,” tambah Riyan Aziz Salafuddin selaku sekretaris IPNU Cabang Jepara. (Yan/sm)

Check Also

PD Muhammadiyah – PCNU Jepara : Tidak Benar Berita Pengusiran Santri di Karimunjawa

Share this on WhatsAppJepara – Menyikapi isu di media sosial dan media online provokatif terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *